Kamis, 21 April 2011

Soal Nunun, Tunggu Saja...

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi belum dapat menjawab keberadaan Nunun Nurbaeti yang dinilai sebagai saksi kunci untuk mengungkap si pemberi suap dalam kasus dugaan suap cek perjalanan terkait pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia 2004.
Ketua KPK Busyro Muqoddas kembali mengatakan, pihaknya tidak berhenti berupaya menghadirkan Nunun di persidangan. "Kami sudah ke sana (ke Singapura, tempat Nunun diduga berobat) membawa tim dari sini. Kami juga melalui penyidik sudah minta melalui Pak Adang (Adang Darajatun, suami Nunun) untuk diminta berkenaannya (mengantarkan Nunun)," ujar Busyro di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/4/2011).
Hal senada disampaikan unsur pimpinan KPK lainnya, yakni Bibit Samad Rianto. "Tunggu saja," kata Bibit singkat.
Keberadaan Nunun kembali dipersoalkan sejumlah terdakwa suap cek perjalanan saat membacakan eksepsi atau nota keberatan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (20/4/2011). Mereka menilai, pasal penyuapan yang didakwakan kepada para terdakwa tidak memiliki kepastian hukum jika si pemberi suap tidak juga dijerat.
Berdasarkan kesaksian di persidangan, cek perjalanan diberikan oleh Arie Malangjudo yang mengaku diperintah Nunun. Keterangan Nunun dinilai dapat menjelaskan untuk apa dan dari siapa cek perjalanan tersebut. Namun, Nunun mangkir dengan alasan sakit lupa berat. Menurut Busyro, Nunun hanya satu kali memenuhi panggilan KPK.
"Dalam kapasitasnya sebagi saksi dulu sudah pernah (dipanggil). Kemudian masalahnya dia di luar negeri," tuturnya.
Secara terpisah, unsur pimpinan KPK lainnya, M Jasin, mengatakan, proses hukum atas perkara suap cek perjalanan tidak hanya berhenti pada tahap pengadilan terhadap 25 politisi DPR 1999-2004 yang menjadi terdakwa. "Kalau ada yang ingin judicial review atas perkara ini, ya silakan saja. Hanya, KPK ingin menyatakan bahwa kasus itu terus berlanjut. Tidak hanya ini. Ada hal-hal yang tidak bisa disampaikan kepada publik," ungkapnya.

1 komentar:


  1. Bonus Spesial Happy New Year 2019 Agen Bolavita Akan Memberikan Bonus Deposit IDR 1.000.000,-* Yuk Segera Daftar Di Agen Bolavita Agen Taruhan Online Aman Dan Terpercaya.

    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    BalasHapus

Saran dan Kritik Anda, Saya Butuhkan