Kamis, 21 April 2011

Setelah Kasus Malinda, BI Audit 22 Bank

VIVAnews - Pasca kasus pembobolan dana nasabah Citibank yang diduga dilakukan Inong Malinda atau Malinda Dee, Bank Indonesia (BI) melakukan audit layanan wealth management. Audit ini dilakukan terhadap 21 bank komersial dan satu bank syariah yang menawarkan layanan ini.
"BI sudah hampir merampungkan audit wealth management. Semoga minggu ini selesai," ujar Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah kepada VIVAnews.com di Jakarta, Kamis, 21 April 2011.

Audit tersebut dilakukan sebagai bahan evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan wealth management, yang terkait dengan prosedur standar operasi (standard operating procedure/SOP), manajemen risiko, pengawasan internal, dan pengelolaan pegawai.
Audit itu juga memastikan apakah dalam pelaksanaannya sudah mengacu kepada aturan BI, khususnya aturan kehati-hatian dan tata kelola (governance) dalam rangka melindungi nasabah dan mitigasi risiko perbankan.

Menurut Difi, selama ini, pelaksanaan pelayanan private banking, priority banking, dan wealth management masih berbaur antara satu dan yang lain. Untuk itu, BI perlu membuat kejelasan pelayanan produk ini agar pengawasan internal bank menjadi lebih baik ke depan.
"Ini lebih kepada evaluasi BI terhadap pelaksanaan wealth management di bank yang masih beragam. Kami cari simpul kerawanannya untuk dilakukan perbaikan," tuturnya.

Wealth management merupakan pengelolaan dana nasabah oleh bank yang menawarkan pengelolaan deposito bank maupun investasi produk di luar bank seperti reksa dana dan asuransi (bancassurance).

Bank wajib mengikat kerja sama dengan manajer investasi yang mengelola produk reksa dana dan bancassurance. Bentuk kerja sama antara bank dan manajer investasi ini termasuk dalam objek pemeriksaan BI dalam audit wealth management.
Hal itu untuk memastikan bahwa risiko dari produk tersebut tetap ada di manager investasi reksa dana dan bancassurance tersebut. "Peran bank hanya sebagai channeling agent antara nasabah dan perusahaan investasi pengelola reksa dana dan bancassurance," ujar Difi.

1 komentar:

  1. Bonus Spesial Happy New Year 2019 Agen Bolavita Akan Memberikan Bonus Deposit IDR 1.000.000,-* Yuk Segera Daftar Di Agen Bolavita Agen Taruhan Online Aman Dan Terpercaya.

    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    BalasHapus

Saran dan Kritik Anda, Saya Butuhkan