Kamis, 21 April 2011

KPK-BPKP Tanda Tangani MoU Pemberantasan Korupsi

Jakarta - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bertemu dengan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Pertemuan tersebut guna menandatangani nota kesepakatan antara kedua belah pihak terkait pemberantasan korupsi.

Pertemuan dilakukan di kantor KPK, Jl Rasuna Said, Jakarta, Kamis (21/4/2011). Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan langsung oleh Ketua KPK Busyro Muqoddas dan Kepala BPKP Mardiasmo.

"Ruang lingkup nota kesepahaman mencakup kerja sama operasional dalam bidang pencegahan, penindakan, peningkatan kapasitas SDM dan pertukaran informasi dan atau data," tutur Busyro di Auditorium KPK.

Di samping itu, Busyro menjelaskan bahwa nota kesepahaman ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi antara KPK dan BPKP dalam upaya-upaya pemberantasan korupsi agar lebih efektif sesuai keahlian dan kewenangan masing-masing.

Dalam bidang pencegahan, kerjasama operasional yang akan dilakukan meliputi penerapan tata kelola pemerintahan yang baik, penerapan sistem pengendalian intern pemerintah di pusat dan daerah, pendidikan masyarakat dan sosialisasi anti korupsi. Selain itu juga penelitian dan pengembangan pemberantasan tindak pidana korupsi serta kegiatan di bidang pencegahan lainnya.

Adapun kerjasama operasional dalam bidang penindakan meliputi audit investigatif, audit penghitungan kerugian keuangan negara, serta pemberian keterangan ahli.

Nota kesepahaman ini juga menyepakati adanya bantuan personel dan training bersama dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM. Hal lain yang disepakati, KPK dan BPKP akan saling memberikan informasi dan atau data yang terkait dengan tugas dan kewenangan KPK-BPKP dalam pemberantasan korupsi baik secara elektronik maupun non elektronik.

1 komentar:

  1. Bonus Spesial Happy New Year 2019 Agen Bolavita Akan Memberikan Bonus Deposit IDR 1.000.000,-* Yuk Segera Daftar Di Agen Bolavita Agen Taruhan Online Aman Dan Terpercaya.

    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    BalasHapus

Saran dan Kritik Anda, Saya Butuhkan